Semangat Kerja Nyata di Hari Kemerdekaan

By Admin

nusakini.com--Pada tanggal 17 Agustus 2016 ini, Republik Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-71. Untuk menyambutnya, sejak bulan Mei 2016 pun Pemerintah RI telah mengenalkan kepada masyarakat tentang tema dan logo yang diusung untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Berikut adalah penjelasan logo Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-71. 

Tema yang digunakan dalam logo Peringatan HUT RI ke-71 adalah ‘Indonesia Kerja Nyata’. Hal tersebut menunjukkan komitmen dari pemerintah Indonesia sekarang dalam memberikan kerja nyata untuk memajukan Indonesia. Tema tersebut dikemas dalam desain logo yang modern, sederhana dan tegas. Desain logo pun hampir mirip dengan logo Peringatan HUT RI ke-70, agar semangat ‘Indonesia Kerja Nyata’ memiliki arti kesinambungan. 

Logo HUT RI ke-71 sendiri digambarkan dengan dua setengah lingkaran. Gambar tersebut mengilustrasikan bilah baling-baling yang dinamis dan selalu berputar, mendorong kuat ke depan. Hal ini menunjukan komitmen pemerintah untuk kerja nyata dalam memajukan Indonesia. 

Selain itu, angka 1 pada logo 71 tersebut dibuat menembus bagian di setengah lingkararan dan arahnya ke atas sebelah kanan. Maksudnya sendiri ialah ajakan untuk seluruh masyarakat Indonesia, agar mampu saling gotong rotong dan bersatu dalam bekerja melewati berbagai rintangan. 

Rilis logo 71 Tahun Indonesia Merdeka secara resmi tertuang dalam surat Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara yang ditandatangani Sekretaris Setneg Setya Utama Nomor: B-1651/Kemensetneg/Ses/TU.00.04/05/2016 tanggal 25 Mei 2016 tentang Penyampaian Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2016 kepada Para Pimpinan Lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Bank Indonesia, Jaksa Agung, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Para Perwakilan RI di Luar Negeri, Para Gubernur Provinsi di Seluruh indonesia, dan Para Bupati serta Walikota di Seluruh Indonesia. 

Masyarakat dapat mengakses logo HUT RI ke-71 tersebut melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara RI, setneg.go.id. (p/ab)